Selamat Datang di HarianMercusuar.Com >>> Korannya Rakyat Sulawesi Tengah >>> Terbit Sejak 1 September 1962 >>> Pendiri: Drs H Rusdy Toana (alm) >>> Pimpinan Umum Perusahaan : Tri Putra Toana
Home | Paling Dicari | Pengumuman | Tentang Kami | Redaksi | Hubungi Kami
Kategori Berita
 
Berita Utama (3739)   Daerah   Ekonomi Hukum & Kriminal (1861)   KOMUNITAS Kota Palu (12944)   Opini Pendidikan (2561)Politik (3098)Sekolah (166)   Serba Serbi Ramadhan   Sport Sulteng Membangun (1268)UNIVERSITARIA (136) Semua Kategori 36689  
 
 
   Berita Selengkapnya
 
 
Sekkab Puji Makanan Tradisional

PARMOUT, MERCUSUAR – Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Parigi Moutong (Parmout), Nirman J Winter, memuji pelaksanaan pameran pembangunan Parmout.
Stan Kecamatan Moutong dinilai Winter bagus karena menyajikan satu makanan tradisional yang cukup digemari masyarakat Parigi dan sekitarnya yaitu dange.
“Makanan tradisional seperti ini perlu dilestarikan sebagai warisan budaya masyarakat yang bisa berpotensi untuk dikembangkan menjadi promosi kuliner Kabupaten Parigi Moutong,”ujar Nirman saat menutup Pameran Pembangunan yang digelar dalam rangka HUT Ke-8 Kabupaten Parmout, Minggu (18/4).
Tidak hanya Kecamatan Moutong, Nirman juga memuji stan dari Kecamatan Taopa, Tomini dan Tinombo, karena makanan tradisional tersebut juga disajikan di pameran pembangunan kali ini. “Partisipasi Pemerintah dan masyarakat dari berbagai Kecamatan untuk mengikuti pameran kali ini patut kita berikan apresiasi.”kata Nirman.
Dia menilai pameran pembangunan tahun ini mengalami peningkatan dan kemajuan yang signifikan, baik aspek tata letak stan pameran, variasi hiburan dalam bentuk perlombaan, maupun koleksi informasi dan hasil pembangunan di semua sektor pembangunan.
Nirman menambahkan, pameran pembangunan yang dilaksanakan selama sepekan itu cukup memberikan kesan bahwa masyarakat sangat membutuhkan informasi tentang pelaksanaan pembangunan Kabupaten Parmout dari tahun ke tahun.
Hingga penutupan, Minggu (18/4) malam, stan pameran Kecamatan Moutong itu masih terus dibanjiri pengunjung. Koordinator stan pameran Kecamatan Moutong yang juga penilik Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI), Wahid menyebutkan, makanan tradisional yang telah berhasil dijual mencapai 23.333 porsi dengan total nominal penjualan mencapai Rp7, 8 Juta “Hasil dari penjualan ini 10 persen akan diserahkan ke kas PKK Kecamatan Moutong,”sebutnya.
Meski pameran pembangunan telah usai, namun Parigi Expo dan pasar rakyat masih terus berlanjut hingga Sabtu (24/4) mendatang. Penjual makanan tradisional ini juga masih terus menjajakan jualannya. “Kami sudah izin kepada panitia untuk berjualan, hingga penutupan Parigi expo,”kata Wahid. FAH

  
Item #33160-36735 | Semua Kategori
first | prev | next | last | go to item #